PENGIKUT MC2B

Sabtu, Jun 29

CUCI BAJU BAYI YG BETUL

Deterjen dapat membuat iritasi kulit bayi yang baru lahir. Sabun biasanya  lembut untuk pakaian , dan tidak menyebabkan iritasi, tapi daya bersih sabun tidak sekuat daya bersih deterjen. Hindari pemakaian pelembut pekaian dan produk yang mengandung pewarna dan parfum untuk mencegah terjadinya reaksi alergi pada kulit bayi.Sebelum mencuci pakaian untuk pertama kalinya,bacalah petunjuk  perawatannya. Pakaian tidur bayi biasanya memerlukan perawatan khusus.Anda mungkin ingin untuk mencuci pakaian bayi secara terpisah dari seluruh keluarga, tetapi hal ini tidak diperlukan, selama Anda menggunakan sabun yang lembut.Jangan meletakkan pakaian kotor bayi dalam waktu yg lama, usahakan untuk segera mencucinya karna noda bisa melekat pd pakaian dan lebih sulit untuk dibersihkan.Jika noda pada pakaian bayi anda hanya noda ringan seperti air liur atau bekas ASI, cukup hanya direndam dalam air, gunakan sedikit sabun lembut dan gunakan sikat berbulu nilon yg lembut.Perlu anda ingat bahwa kulit bayi sangat sensitif, pastikan untuk mencuci pakaiannya dengan bersih, terutama pakaian yg bersentuhan langsung dengan kulit bayi Anda, seperti popok kain atau kaus.Berikut ini adalah beberapa jenis noda pada pakaian bayi dan cara membersihkannya : 

Protein
Ini termasuk ASI, noda makanan , dan air liur. Rendam dalam air biasa terlebih dulu, kemudian tambahkan pembersih enzim. Enzim dalam deterjen akan menghilangkan noda dan protein.

 Lemak  atau noda berminyak
Ini termasuk baby oil, krim dan petroleum jelly. Sebelum  mencuci pakaian, taburkan tepung jagung atau bedak  pada noda untuk menyerap minyak, biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian cuci seperti biasa. 

Buah dan Sayuran (jus, selai, buah)
Ini termasuk jus, selai dan buah. Siram dengan air dingin, rendam dalam campuran ukuran satu banding satu dari alkohol dan air. Jika noda hilang, cuci seperti biasa. Untuk noda membandel, rendam dalam campuran satu banding satu dari cuka putih dan air. Noda urin dan diare pada popok Untuk noda urin dan diare yg membandel, campurkan satu sendok makan  amonia dalam setidaknya 1 cangkir air, rendam kemudian cuci seperti biasa. Jika Anda memilih untuk menggunakan bahan alami pada pakaian bayi, cobalah beberapa pilihan berikut . namun tetap pilihan Pastikan untuk membilas pakaian secara menyeluruh. 

Baking Soda
Pembersih yang efektif, pewangi, dan pelembut kain. Campurkan dengan air untuk membentuk pasta, dan diletakkan  pada noda untuk menyerap bau. Baking soda juga digunakan untuk mencuci pakaian baru yg belum dipakai

Boraks
Merupakan bentuk mineral yang larut dalam air dengan antiseptik, antibakteri, dan bersifat pemutih. Membuat sabun  lebih efektif (tambahkan 1/2 cangkir untuk mencuci). Baik digunakan untuk mencuci popok dengan noda membandel. 

Sodium perborate
Sebuah alternatif alami untuk pemutih klorin yang terbuat dari boraks dan hidrogen peroksida. Tambahkan 3 sendok makan kedalam air rendaman cucian andak  untuk menghilangkan noda. 

Washing Soda
Juga dikenal sebagai natrium karbonat, mineral dengan pembersih yang kuat dan sifat degreasing. Tambahkan 2 sendok makan ke sabun cuci untuk membuatnya lebih efektif, atau membuatnya menjadi pasta untuk menghilangkan noda berminyak. 

Cuka putih
Cairan yg bersifat menghancurkan lemak, menghilangkan noda membandel dan memutihkan pakaian, campurkan ¼ cangkir kedalam air rendaman cucian anda. Yang paling penting anda ingat, apapun pilihan penghilang noda pada pakaian yg anda gunakan, anda harus memastikan pakaian bayi anda harus benar2 dibilas dengan bersih setelahnya, karna kulit bayi sangat sensitive.-

Tiada ulasan:

Catat Ulasan